Mengenal Algoritma, Input, Output, Proses Dalam Bahasa Pemrograman




Pemrograman dalam paradigma prosedural dilakukan dengan memberikan serangkaian perintah yang berurutan. Dalam bab ini akan dibahas hal-hal yang menjadi dasar dalam pemrograman prosedural, meliputi definisi algoritma dan konstruktor pemrograman prosedural, serta konsep Input, Proses , dan Output yang sangat lazim dalam dunia pemrograman prosedural.

Algoritma
Algoritma adalah serangkaian langkah-langkah yang tepat, terperinci, dan terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah. Langkah yang tepat artinya serangkaian langkah tersebut selalu benar untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Langkah yang tidak memberikan hasil yang benar untuk domain masalah yang diberikan bukanlah sebuah algoritma . Langkah yang terperinci artinya setiap langkah diberikan secara detail dan dapat dieksekusi oleh komputer,  instruksi seperti “angkat sedikit ke kiri” merupakan contoh instruksi yang tidak tepat, karena “sedikit” tidak menyatakan sesuatu yang tepat. Langkah yang diberikan harus terbatas, artinya suatu saat langkah harus berhenti, jika langkah tidak pernah berhenti (misalnya: “ambil air, masukkan ke bak mandi, ulangi ambil air,  dan seterusnya ”) maka serangkaian langkah itu tidak  disebut  sebagai algoritma (jika: “ambil air, masukkan ke bak mandi, ulangi ambil air sampai bak mandi penuh”, maka bisa disebut algoritma, namun langkah ambil air, masukkan ke bak mandi, harus diperinci). Konstruktor (elemen) Pemrograman Prosedural Elemen bahasa pemrograman prosedural yang penting adalah:



1.  Program utama

2.  Tipe

3.  Konstanta

4.  Variabel

5.  Ekspresi, operator , dan operand

6.  Struktur Data

7.  Instruksidasar

8.  Program Moduler

9.  Fileeksternal

10.  Rekurens


Konstruktor ini tidak untuk dipelajari secara berurutan, namun semua perlu dipelajari dan dimengerti untuk dapat membuat programdengan baik.


Input , Proses, dan Output
Sekumpulan aksi dalam pemrograman prosedural bisa dibagi menjadi tiga bagian penting yaitu: input, proses , dan output. Bagian input, proses, dan output dikerjakan secara sekuensial, dan dalam setiap bagian mungkin akan ada input, proses, dan output.

Written by

0 comments: